Selasa, 25 Juni 2019, WIB


Taiwan akan Bangun Kawasan Industri Khusus di Medan

Kategori : Seputar Dinas Perindustrian Medan


MEDAN, KOMPAS.com - Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Mr Che Chung alias Jhon C Chen begitu terkagum-kagum dengan Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

Kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, dia bilang akan mempromosikan Kota Medan kepada para investor dari Taiwan supaya berinvestasi di kota ini.

Dia mengaku ingin melihat langsung Kota Medan setelah mendapat informasi kalau kota ini nomor tiga terbesar di Indonesia. Apalagi baru di Medan yang bandaranya terkoneksi langsung dengan kereta api.

"Banyak investasi yang bisa dilakukan di kota ini. Saya akan promosikan kepada para investor di Taiwan, banyak yang bisa di kerjasamakan. Contohnya bidang pendidikan, Taiwan punya banyak perguruan tinggi berkualitas yang siap membantu untuk meningkatkan mutu dan derajat pendidikan Kota Medan," kata Che Chung, Jumat (9/6/2017).

Sebagai bentuk keseriusan, dia menawarkan beasiswa kepada pelajar berprestasi di Kota Medan agar melanjutkan studi ke Taiwan.

Selain pendidikan, dirinya juga menawarkan kerja sama di bidang kesehatan. Katanya, perawatan kesehatan di negerinya cukup baik dan di dukung peralatan medis yang canggih dan modern. Biayanya pun relatif murah jika di bandingkan berobat ke Singapura atau Jepang.

“Lebih murah sepertiga di bandingkan berobat di Singapura atau Jepang,” ucapnya.

Terakhir, pria berkacamata ini mengatakan begitu menyukai Danau Toba. Usai mengunjungi danau terbesar di Asia Tenggara itu, Che Chung akan mengabarkan keindahan danau kebanggaan warga Sumatera Utara itu kepada warga Taiwan supaya tertarik mengunjunginya.

Eldin yang dari tadi mendengarkan saja cerita Che Chung akhirnya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya selaku perwakilan Taiwan di Indonesia.

Eldin bilang dirinya sangat akrab dengan Wali Kota Khaosiung ketika menghadiri acara Global Harbor Cities Forum beberapa waktu lalu.

“Kami bangga karena mau mempromosikan Kota Medan kepada para investor Taiwan sehingga mau berinvestasi di sini," ujarnya.

Menurut dia, Kota Medan tengah gencar-gencarnya membangun terutama bidang infrastruktur. Salah satunya rencana pembangunan jalan tol lingkar luar yang akan mengelilingi kota seluas lebih kurang 26.510 hektare ini.

Selain untuk mengatasi kemacetan, jalan tol lingkar luar ini juga untuk mendukung kelancaran transportasi.

"Mereka ingin membangun kawasan industri khusus Taiwan di Kota Medan. Kami sangat terbuka dengan rencana ini. Termasuk membantu peningkatan pariwisata dengan mendatangkan lebih banyak lagi warga Taiwan ke Kota Medan, khususnya untuk menikmati keindahan Danau Toba,” pungkas Eldin.


  INFO TERKAIT